PROFIL PUSKESMAS SEMOWO

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :

GAMBARAN UMUM PUSKESMAS SEMOWO

KEADAAN GEOGRAFIS 

             UPTD Puskesmas Semowo adalah salah satu dari 26 Puskesmas di Kabupaten Semarang yang terletak di Desa Semowo, Kecamatan Pabelan Kabupaten Semarang. Jarak desa ini dengan Kantor Kec. Pabelan ± 9 km dan dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Di Wilayah Kecamatan Pabelan sendiri UPTD Puskesmas Semowo merupakan salah satu dari 2 (dua) puskesmas yang ada. 

 

     Batas-batas administratif Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Semowo adalah :


1. Sebelah Utara    : Kecamatan Bringin. 

2. Sebelah Timur   : Desa Segiri, Desa Cukilan, Desa Pucung (Kecamatan Pabelan, Suruh, Bancak )  

3. Sebelah Selatan : Desa Nglumpit, Kota Salatiga. 

4. Sebelah Barat    : Desa Giling, Desa Bejaten, Kecamatan Pabelan.

 


          Secara administratif wilayah layanan terbagi dalam 7 desa dengan cakupan luas wilayah  ± 23,60 km2.  Wilayah terluas di Desa Semowo sebesar 7,3 km2 (31%), disusul Desa Tukang 3,5 km2 (15%), Desa Kadirejo 3,3 km2 (14%) Desa Sukoharjo sebesar 3,2 km2 (14%) kemudian Desa Terban sebesar 2,9 km2 (12%). dan wilayah terkecil di Desa  Bendungan dan Kr Gondang masing-masing sebesar 1,7 km2 (7%)




Upaya Kesehatan Khusus



1)   Sarana Kesehatan dengan Kemampuan Gawat Darurat
Sarana kesehatan dengan kemampuan pelayanan gawat darurat yang ada di Wilayah UPTD Puskesmas Semowo hanya di Puskesmas Induk.
2)   Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut
Pelayanan kesehatan gigi dan mulut di puskesmas Semowo selama tahun 2017 meliputi tumpatan gigi tetap sebanyak 336 tumpatan, pencabutan gigi tetap sebanyak 39  dan rasio tambal/cabut 8,6.
Sedangkan pelayanan gigi dan mulut untuk murid SD/MI sebanyak 1,481 siswa, diperiksa kesehatan giginya 1,498 (100%) dengan kondisi : perlu perawatan sebanyak 638  siswa dan mendapatkan perawatan 66 siswa (10,3%).
 






Artikel Lainnya:

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :